TIPS MEMBELI MOBIL DAIHATSU

TIPS MEMBELI MOBIL DAIHATSU- Kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang bagaimana atau cara membeli mobil Daihatsu baru yang aman, mudah dan terhindar dari praktek penipuan. Masih banyak sahabat-sahabat kita yang tinggal di pelosok desa, pedalaman dan daerah terpencil yang ingin memiliki mobil tapi belum tahu caranya. Dengan informasi ini, saya berharap dapat membantu sahabat Daihatsu yang tinggal jauh dari Dealer Daihatsu Balikpapan.

membeli mobil

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membeli mobIl baru.
  1. Tentukan terlebih dahulu merk mobil yang akan anda beli secara spesifik, merk, type mobil, transmisi (manual/matic) dan warna mobil yang tersedia. 
  2. Proses pembelian mobil yang pertama adalah dengan memberikan uang tanda jadi. Tanda jadi (booking fee) berkisar antara 1 juta sd 5 juta tergantung kebijakan Dealer. 
  3. SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) akan anda terima setelah menyerahkan uang tanda jadi. Sebaiknya anda berdiskusi terlebih dahulu dengan sales yang menangani penjualan ini agar mendapatkan penawaran yang terbaik seperti discount atau cash back, bonus/aksesoris tambahan dan promo lainnya.
  4. Poin poin yang di tulis pada SPK dan perlu di perhatikan (di tanyakan bila perlu) pada surat pemesanan kendaran adalah.
    1. Tanggal pemesanan (harus tertulis sesuai pada saat memberikan uang booking fee)
    2. Harga Mobil ( Mengikat atau tidak  jika unitnya inden dan terjadi kenaikan harga di kemudian hari)
    3. Warna Mobil ( Apakah mengikat / masih bisa ganti jika beberapa hari ada keinginan warna yang lain)
    4. Discount Mobil (Harus tertulis sesuai dengan yang di ucapkan)
    5. Aksesoris tambahan ( jika di janjikan harus tertulis)
    6. Bonus (promo event) (Yang di dapatkan harus tertulis)
    7. Syarat dan ketentuan yang berlaku di spk harus kita baca dan pahami
    8. tanda tangan di spk harus di lakukan ke 2 belah pihak
    9. Lembaran spk untuk customer harus kita pegang sebagai bukti pemesanan dan tanda terima uang booking fee.
    10. Jika Terjadi pembatalan yang di sebabkan pihak ke 3. (seperti bank/leasing tidak menyetujui proses kredit kita apakah uang kembali 100% atau tidak)
    11. Jika terjadi pembatalan dari pihak pemesan disebabkan hal hal yang tidak di inginkan, apakah uang tanda jadi bisa kembali atau tidak? atau pembatalan dari pihak dealer karena unit terlalu lama atau unit tidak ada lagi? perlu di tanyakan agar anda tidak kebingungan apabila hal ini terjadi di kemudian hari.
    12. Estimasi DO (delivery order) pengiriman mobil perlu di tanyakan berapa hari paling cepat setelah pelunasan pembayaran.

Membeli mobil Daihatsu secara credit.


Persiapkan data data untuk proses kredit, jika data perorangan siapkan sbb:
  1. KTP sebagai pemohon & Penjamin (bisa suami & istri / anak & ke 2 orang tua jika belum berumah tangga.
  2. Kartu keluarga
  3. Bukti kepemilikan rumah (PBB/AJB/SERTIFIKAT) jika rumah bukan milik pribadi (rumah sewa,rumah mess) lampirkan surat penyewaan atau surat penempatan dari kantor.
  4. Copy rekening tabungan 3 bulan terakhir.
  5. Surat keterangan penghasialan (slip gaji jika pegawai,karyawan,pns dll.)
  6. Surat ijin/keterangan usaha/SIUP (jika wiraswasta/ usaha sendiri)
  7. NPWP

Usahakan kelengkapan data di atas ini 1 atau 2 hari selesai,agar prosesnya cepat, selanjutnya hubungi pihak sales agar proses survey dapat segera di lakukan oleh pihak bank / leasing, luangkan waktu anda agar pihak survey bisa bertemu anda, biasanya ada beberapa dokumen yang harus kita tanda tangani seperti perjanjian akat kredit (kontrak).

Setelah proses survey anda tinggal menunggu hasilnya (kurang lebih 3 s/d 5 hari kerja) jika di setujui pihak finance (bank) maka pihak bank tersebut akan mengeluarkan PO (purcase order)  kepihak dealer. Biasanya pihak dealer (sales) akan menginformasikan kepada customer bahwa proses kreditnya telah di setujui, selanjutnya anda tinggal melakukan pelunasan total dp sesuai dengan yang tertera di PO tersebut. Dengan catatan Jika unitnya sudah ready (unit siap dikirim) pihak dealer biasanya akan melakukan pengiriman mobil (H+2/3 hari) setelah pelunasan biasanya 3 hari mobil sudah bisa di kirim.

Membeli Mobil Daihatsu Secara Cash


Proses membeli mobil Daihatsu secara cash tidak perlu data sedetail seperti saat membeli mobil secara credit,  anda tinggal menetukan mau atas nama siapa yang akan tertulis pada STNK dan BPKB mobil tersebut, anda tinggal melakukan pemesanan menggunakan KTP, bisa KTP anda sendiri, KTP istri atau KTP anak. 

Proses pemesanannya (SPK) sama seperti membeli mobil secara kredit, setelah memberikan uang tanda jadi (DP) jika mobil itu belum ready di showroom anda tidak usah terburu buru melakukan pelunasan pembayaran. Tunggu sampai mobil yang anda pesan itu ready, setelah mobil itu ready secara no rangka & no mesin unitnya pun sudah ada di showroom barulah anda melakukan pelunasan pembayaran. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.