Pantai Monpera Balikpapan, Wisata Sejarah Kota Balikpapan

Pantai Monpera Balikpapan – Pantai Monumen Perjuangan Rakyat atau yang sering disebut Pantai Monpera Balikpapan adalah wisata pantai Balikpapan yang berada ditengah Kota Balikpapan. Disamping sebagai tempat wisata,  Pantai Monpera Balikpapan ini adalah tempat bersejarah ditandai dengan dibangunnya monument berupa patung besar yang dibuat untuk mengenang jasa para pejuang Kalimantan Timur dalam melawan penjajahan.

pantai monpera
Pantai Monpera Balikpapan
monumen perjuangan rakyat
Monumen Perjuangan Rakyat

Sebagai tempat wisata sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Timur, tidak mengherankan jika di depan Pantai Monpera Balikpapan berdiri dengan megah kompleks bangunan KODAM VI Mulawarman, merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

kodam mulawarman
KODAM VI Mulawarman
Baca Juga : Asal usul Dan Mitos Kota Balikpapan

Bagi sahabat Daihatsu, Pantai Monpera Balikpapan ini bisa menjadi pilihan wisata yang murah meriah. Untuk memasuki area ini, anda hanya akan dikenakan retribusi parkir kendaraan sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat. Dan jika masuk tanpa membawa kendaraan, anda tidak akan dikenakan biaya masuk sama sekali.


Di Pantai Monpera Balikpapan, tidak ada penyewaan pelampung dan peralatan renang seperti di Pantai Manggar Balikpapan dan Pantai Lamaru Balikpapan. Hanya ada penyewaan banana boat yang biasa disewakan di hari-hari libur dan weekend.

taman monpera
Taman Monpera
Selain menikmati suasana pantai, Sahabat Daihatsu juga bisa menikmati suasana taman yang rindang dibawah pepohonan beserta fasilitas-fasilitas publik yang tersedia, seperti, kursi dan lain-lain.

Jika Sahabat Daihatsu tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di tempat wisata ini terdapat para pedagang yang menyediakan aneka makanan dan minuman mulai bakso, gado-gado, es kelapa muda, es cendol, es campur dan lain-lain yang berjajar rapi sepanjang pinggiran monumen.

Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga terdapat dua rumah makan yang cukup terkenal di Kota Balikpapan, yakni, Rumah Makan Tip Top dan Rumah Makan Sangiri yang terkenal dengan aneka menu seafood-nya.

Untuk anda yang hobi berfoto-foto, tempat ini juga recomended untuk ajang foto-foto ria berlatar belakang Sejarah Kota Balikpapan.

Area taman Pantai Monpera yang bersih dan rindang serta berlimpah fasilitas publik ini sering dipergunakan untuk berbagai acara perkumpulan Komunitas Balikpapan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dihari-hari tertentu, area Wisata Pantai Monpera sering dipergunakan untuk berbagai macam acara, diantaranya pertunjukan kesenian daerah, pentas musik, pasar malam dan acara-acara hiburan lainnya.


Sumber : PortalBalikpapan.com

Artikel Lainnya :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.